Kue Lontar

Cara membuat dan mengenal aneka rasa kue lontar
Kue Lontar Coklat Keju (Kue Lontar Choco Cheese) / Lihat Video ada dibawah

Kue lontar menjadi suatu yang paling dianggap kue khas Papua terutama didaerah Fakfak. Hampir mayoritas kaum wanita muda paham cara dan proses pembuatannya. Selain itu kue lontar paling sering dihidangkan dihari raya.

Yang paling umum dari kue lontar dan sering dipesan orang untuk dibuatkan adalah kue lontar susu putih dan kue lontar susu coklat. Dari keduanya tentu ada pengembangan dan penambahan-penambahan anek rasa yang lainnya.

Untuk cara membuat tidak terlalu rumit juga tidak terlalu gampang hal ini tentu saja berkaitan dengan rasa sehingga sehingga dibutuhkan ketekunan terutama bagi pemula yang ingin belajar membuat kue lontar dengan rasa yang sesuai harapan.

Silahkan anda pelajari lalu membuat bila sudah jadi pastikan yang mencicipi teman anda sehingga ia akan berkomentar atas hasil kue lontar buatan anda. Bila sesuai tentu saja pujian positif yang anda terima namun bila ada rasa yang berlebihan tentu menjadi saran atau masukan terbaik untuk anda kedepan membuat yang lebih mantap dan sesuai selera lagi.

Lantas bagaimana cara membuat, pertama siapkan bahan-bahan seperti tepung, telur, susu dan mentega. Lalu siapkan wadah untuk mencampur bahan tadi, siapkan juga piring untuk membuat bagian dari kulit luar kue lontar kemudian dilanjutkan dengan membuat bagian isinya. Siapkan pemanggang, panaskan dahulu beberapa menit lalu lanjutkan dengan memasukan piring yang telah berisi kulit luar kue lontar tadi. Pastikan posisi piring tidak miring, dalam kedudukan yang rata, tuangkan bagian isi dari campuran bahan kue tadi kedalam piring. Lalu atur besarnya kecil nyala api sesuaikan jangan teralalu besar. Waktu menunggu kurang lebih 35 sampai 45 menit dan silahkan periksa apakah sudah matang sesuai atau masih basah atau lembek. Pastikan agar jangan sampai bagian kulit luar hangus.

Bila langkah-langkahnya benar maka hasilnya juga akan sesuai, mulai dari tampilan yang matang sampai ketika didinginkan dan dipotong, akan terlihat tekstur dan sturktur kue lontar yang sesuai harapan tentu saja rasanya dijamin sesuai selera dan rasa tambah.

Penjabaran cara membuat kue lontar seperti diatas tentu saja sangat membingunkan bukan? Jika iya untuk mempermudah anda dibawah ini akan saya sertakan susunan yang lebih mempermudah anda; silahkan disimak dan bila masih dirasa kurang juga bisa searching saja video cara membuat membuat kue lontar maupun  video resep kue lontar yang tersedia. Ada banyak orang yang sudah membagikan tips dan turialnya tinggal anda menonton atau membaca dan mempraktekannya.

Daripada repot-repot buat daftar bahan-bahan, ada nih simak saja proses pembuatannya dalam video dibawah ini dan jangan lupa untuk tonton video lainnya juga dukung dengan cara like dan subscribe  ya :


Lihat Juga video berikut:

Komentar